Senin, 01 November 2010

PERMASARAN
1. Pengertian pasar dan pemasaran
• Pasar merupakan kelompok individual yang mempunyai permintaan terhadap barang tertentu, berdaya beli, dan berniat merealisasika pembelian tersebut.
• Pemasaran merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikan melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

2. Jenis-jenis pasar
• Pasar persaingan sempurna
• Pasar monopoli
• Pasar persaingan monopolistik
• Pasar oligopoli

3. Konsep-konsep inti pemasaran
• Kebutuhan merupakan suatu keadaan dirasakanya ketadaan kepuasaan dasar tertentu dan sifat ada dan terletak dalam tubuh dan kondisi manusia.
• Keinginan merupakan kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap kebutuhan-kebutuhan yang lebih mendalam.
• Permintaan merupakan keinginan terhadap produk-produk tertentu yang didukung oleh suatu kemampuan dan kemauan untuk membelinya.
• Produk merupakan suatu yang dapat ditawarkan kepada seseorang untuk memuaskan suatu kebutuhan dan keinginan.
• Nilai merupakan konsumen terhadap kapasitas produk secara keseluruhan untuk memuaskan kebutuhannya.
• Konsumen merupakan pemakai akhir, sedangkan pelanggan sering di artikan sama dengan pembeli yang bertindak sebagai agen bagi konsumen akhir.

4. Manajemen pemasaran
• Keadaan permintaan dan tugas pasar
Ada delapan keadaan permintaan yaitu:
a. Permintaan negatif
b. Tidak ada permintaan
c. Permintaan terpendam
d. Permintaan menurun
e. Permintaan yang tidak beratuaran
f. Permintaan penuh
g. Permintaan yang berlebihan
h. Permintaan yang tidak sehat

• Falsafah Manajemen Pemasaran
Manajemen pemasaran merupakan sebuah proses yang merencanakan dan melaksanakan konsep,penetapan harga, promosi, dan distribusi gagasan, barang dan jasa untuk menghasilkan pertukaran yang memenuhi sasaran-sasaran yang sudah ditetapkan baik menurut perorangan dan organisasi.

5. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)
Bauran pemasaran merupakan variabel-variabel yang dapat dikendalikan oleh perusahaan, yang terdiri dari: produk, harga, distribusu, dan promosi.
• Produk merupakan segala sesuatu yang dapat ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, digunakan, atau dikonsumsi pasar sebagi pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.
• Harga merupakan variabel yang dapat dikendalikan yang menetukan diterima tidaknya suatu produk leh konsumen.
• Distribusi merupakan masalah lain yang akan dihadapi perusahaan pada saat produk selesai diproses.
• Promosi merupakan suatu ungkapan dalam arti luas tentang kegiatan-kegiatan yang secara aktif dilakukan oleh perusahaan (penjual) untuk mendorong konsumen membeli produk yang ditawarkan.

6. Tujuan sistem pemasaran
1) Tingkat konsumsi masyarakat yang maksimum.
2) Tingkat kepuasan konsumen yang maksimum.
3) Tingkat pilihan konsumen yang maksimum.
4) Kualitas hidup konsumen yang maksimum.
7. Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
• Pendekatan serba fungsi Dari apa saja kegiatan pokok pemasaran , yaitu pembelian , pengangkutan , penjualan , penyimpanan , pembelanjaan , penanggungan resiko , standarisasi dan grading , pengumpulan informasi pasar.
• Pendekatan serba lembaga
Dilihat dari lembaga atau organisasi yang terlibat dalam pemasaran , misal produsen , suplier , perantara dagang dan sebagainya.
• Pendekatan serba barang Studi tentang bagaimana barang berpindah dai produsen ke konsumen akhir atau konsumen industri.
• Pendekatan serba manajemen dilihat dari pendapat manajer serta keputusan yang diambil.
• Pendekatan serba sistem Menyangkut elemen - elemen yang luas dalam sistem pemasaran termasuk pendekatan serba fungsi , manajemen , produk , dan lembaga.


Sumber pustaka: Buku pengantar bisnis Pandji Anoraga, S.E, M.M


Tidak ada komentar:

Posting Komentar