Senin, 18 Oktober 2010

RUANG LINGKUP BISNIS

RUANG LINGKUP BISNIS
1. Pengertian bisnis dan jenisnya
Pengertian bisnis adalah serangkaian usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu maupun kelompok dengan menawarkan barang dan jasa untuk mendapatkan keuntungan/l
"Jenis bisnis"
• Monopsoni adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan industri hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen.
• Pasar oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
• Oligopsoni, adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.
• Pasar monopoli) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai "monopolis". Seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Ciri utama pasar ini adalah adanya seorang penjual yang menguasai pasar dengan jumlah pembeli yang sangat banyak.
2. Tujuan bisnis
a. Mencari keuntungan/profit
b. Mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan
c. Pertumbuhan perusahaan,dan
d. Tanggungjawab sosial
1.1. Sistem perekonomian
Sistem perekonomian adalah sistem yang digunakan oleh suatu negara untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di negara tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah sistem ekonomi dengan sistem ekonomi lainnya adalah bagaimana cara sistem itu mengatur faktor produksinya. Ada beberapa sistem ekonomi yang ada, yaitu:
a. Kapitalisme
b. Komunisme
c. Sosialisme
d. Fasisme
e. Demokrasi Ekonomi

1.2 Sistem pasar
Sistem pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.
3. Kesempatan bisnis/usaha
Suatu bisnis/usaha dimulai karena adanya suatu peluang bisnis dan ketertarikan pada keuntungan yang diharapkan dari usaha tersebut.

4. Mengapa Perlu Belajar Bisnis?
Bagaiamana perubahan lingkungan mempengaruhi bisnis, dan keterampilan-keterampilan yang di perlukan agar bisnis kita berhasil. Dengan memahami bagaimana bisnis tersebut bekerja, akan lebih memudahkan orang untuk melakukan bisnis dalam menggapai keberhasilan. Secara umum sebenarnya ada lima alasan penting untuk belajar tentang bisnis, yaitu:
1. Adanya saling ketergantungan baik secara individual maupun sebagai suatu negara.
2. Adanya peluang internasional
3. Usaha untuk mempertahankan dan meningkatkan standar hidup.
4. Adanya perubahan.
5. Mencegah kesalahpahaman.
Sumber pustaka http://revolsirait.com/pengertian-bisnis
Buku pengantar bisnis Pandji Anoraga, S.E., M.M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar